Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Contoh Soal Agio dan Disagio Saham dalam Akuntansi

Konten [Tampil]

Contoh soal agio dan disagio saham dalam akuntansi keuangan menengah bertujuan untuk mengalokasikan kondisi keuangan perusahaan ketika mencari keuntungan di tahun berjalan. Bagaimana agio saham perusahaan dapat terbentuk ketika entitas melakukan kegiatan usaha untuk go publik dengan menjualbelikan saham yang dimilikinya melalui underwriter seperti perbankan.

Agio dan disagio saham adalah selisih harga jual dengan nilai pari yang tercantum pada lembar saham. Perbedaan agio saham dengan capital gain terletak pada upaya perusahaan memperoleh keuntungan. Capital gain merupakan keuntungan bagi investor yang berhasil memperjualbelikan aset lebih tinggi daripada ketika membelinya. Agio saham merupakan keuntungan perusahaan ketika menjualnya diatas nilai pari.

3 Contoh Soal Agio dan Disagio Saham dalam Akuntansi

Apa itu Agio dan Disagio Saham?

Agio dan disagio saham merupakan keuntungan dan kerugian yang diakibatkan dari transaksi penjualan saham di bursa efek indonesia. Saham diterbitkan pada nilai pari yaitu harga yang tercantum pada lembar surat berharga yang diterbitkan perusahaan. Rumus agio saham adalah harga jual saham dikurangkan nilai pari dimana selisih lebih akan diakui sebagai keuntungan bagi perusahaan.

Bagaimana agio saham dalam perusahaan dapat terbentuk yaitu ketika entitas ingin melaksanakan aktivitas go public. Perusahaan go public artinya entitas yang menjual saham ke masyarakat umum. Entitas yang memiliki pertanggungjawaban publik diwajibkan melaporkan laporan posisi keuangan yang sudah diaudit untuk mempertanggungjawabkan arus kas masuk dan arus kas keluar.

Pengertian agio dan disagio saham biasa dan saham preferen adalah sebuah upaya mencari keuntungan dari penjualan saham yang beredar. Agio saham termasuk akun aktiva entitas yaitu akun piutang dagang. Disagio saham termasuk akun kontra dimana penggunaan akun ini hanya untuk mengurangkan nilai saham yang telah terbentuk sesuai nilai pari ketika proses go public.

Contoh soal agio dan disagio saham serta obligasi akan berdampak pada laporan keuangan yang dipublikasikan. Pengguna laporan keuangan akan menggunakannya untuk memutuskan jenis investasi yang dilaksanakan. Analisis profitabilitas, likuiditas dan leverage menjadi penentu utama dibelinya saham sebuah perusahaan oleh masyakarat umum.

Baca Juga: Karakteristik Saham Biasa dan Saham Preferen

Contoh Soal Agio dan Disagio Saham Treasury

Contoh soal agio dan disagio saham treasury akan berlaku bagi entitas yang ingin menggabungkan kegiatan usaha dengan metode purchase dan pooling of interest. Dalam investasi obligasi transaksi yang mengakibatkan selisih harga jual akan berdampak pada kenaikan jumlah modal yang disetorkan. Modal ditanam dan modal disetor harus dialokasikan dalam pasal di akta pendirian perusahaan.

Contoh soal amortisasi agio obligasi dan saham memiliki persamaan karena entitas harus dapat mengalokasikan ke beberapa periode akuntansi berjalan. Amortisasi merupakan langkah perusahaan untuk mengalokasikan pendapatan dan beban selama masa yang ditetapkan. Tambahan modal disetor merupakan istilah lain untuk menyebutkan agio saham atau keuntungan bagi para pemegang saham.

Contoh soal agio dan disagio saham terjadi ketika CV Staff Finance mengadakan aktivitas go public dengan menjual 1 lot saham dengan nilai pari sebesar Rp 82.600. Penjualan saham biasa dilakukan dengan kurs 103 kepada underwriter. Buatlah jurnal mencatat penjualan saham secara tunai ketika entitas melaksanakan kegiatan penjualan saham ke masyarakat?

Jurnal Agio dan Disagio Saham

Jurnal agio dan disagio saham biasa dan preferen memiliki perbedaan terutama ketika mengakui pajak penghasilan final. Pph pasal 4 ayat 2 harus dipotongkan setiap kali terjadi transaksi penjualan saham di bursa efek indonesia. Modal ditempatkan adalah saham yang telah diambil oleh pemegang saham. Modal disetor adalah modal yang telah disetorkan secara resmi oleh investor perusahaan tersebut.

Contoh soal dan jawaban amortisasi agio dan disagio obligasi menjadi salah satu bentuk liabilitas jangka panjang. Obligasi merupakan surat hutang untuk memperpanjang termin pembayaran yang telah jatuh tempo. Nilai buku per lembar saham menjadi jumlah setoran yang diakui dalam pencatatan akuntansi diperusahaan sesuai PSAK yang diterapkan dan mengikuti ketentuan umum perpajakan.

Bagaimana agio saham perusahaan dapat terbentuk yaitu ketika penjualan saham diatas nilai pari yang tercantum. Amortisasi dapat dilakukan dengan metode garis lurus atau saldo menurun berganda. Berdasarkan contoh soal agio dan disagio saham CV Staff Finance, jurnal penjualan saham kepada underwriter dengan menggunakan kurs sebesar 103 adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/12/2022Kas Rp 8.507.800
Modal Saham Rp 8.260.000
Agio Saham Rp 247.800
(Jurnal penjualan saham biasa)

Baca Juga: Perbedaan Wesel Tagih dan Wesel Bayar dalam Laporan Keuangan

Demikian contoh soal agio dan disagio saham dalam materi akuntansi pengantar dan keuangan menengah. Penyebab perusahaan melakukan penjualan saham ke masyarakat adalah mendapatkan sumber dana baru selain dari investor dalam entitas. Keuntungan memiliki saham diantaranya memperoleh capital gain, pembagian dividen dan adanya agio saham ketika mampu menjualnya.

Posting Komentar untuk "3 Contoh Soal Agio dan Disagio Saham dalam Akuntansi"