Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Penerbitan Obligasi dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal penerbitan obligasi dan jawabannya memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam bentuk pemberian dana untuk menjalankan operasionalnya. Perbedaan saham dan obligasi dapat dicantumkan pada catatan atas laporan posisi keuangan mengenai hak dan kewajiban para pihak. Laba per lembar saham akan semakin tinggi ketika menggunakan obligasi sebagai tambahan dana perusahaan.

Contoh soal obligasi premium dan diskonto akan terjadi ketika entitas memperjualbelikan surat hutang diatas nilai nominalnya. Nilai nominal adalah harga yang tercantum pada surat yang ditandatangani oleh penerbit. Pelunasan obligasi sebelum masa jatuh tempo mengakibatkan perubahan terhadap persentase pendapatan bunga yang didapatkan oleh pihak pemberi dana pinjaman.

Penerbitan obligasi pada nilai nominal berguna untuk menentukan berapakah jumlah yang harus dilunasi diakhir periode akuntansi. Investasi obligasi cocok untuk jangka panjang karena akan memberikan hasil yang pasti terutama pendapatan bunga. Bunga obligasi yang diperhitungkan adalah bunga per tahun. Obligasi dijadikan tanda pemberian pinjaman kepada perusahaan.

Contoh Soal Penerbitan Obligasi dan Jawabannya

Pengertian Obligasi Menurut Para Ahli

Pengertian obligasi menurut pada ahli adalah surat hutang yang diterbitkan perusahaan untuk membantu memberikan tambahan modal kegiatan operasionalnya. Keuntungan menerbitkan obligasi bagi entitas adalah tidak perlu diterbitkannya saham biasa dan saham preferen. Pasar modal dijadikan tempat untuk menampung seluruh pengeluaran dan pemasukan dari bursa kas dan setara kas.

Definisi obligasi menurut para ahli adalah pinjaman dana yang diberikan oleh pemilik kas untuk membantu kesulitan keuangan perusahaan tanpa harus menerbitkan saham baru. Dalam obligasi harus tercantum nama penanggungjawab pengembalian dana, jumlah pinjaman, tanggal jatuh tempo dan besarnya bunga yang diberikan kepada para investor.

Keuntungan Perusahaan Menerbitkan Obligasi Jangka Panjang

Keuntungan perusahaan menerbitkan obligasi jangka panjang adalah tidak perlu melakukan perhitungan ulang terhadap modal ditanam dan modal perusahaan. Perusahaan cenderung menerbitkan obligasi daripada pinjaman ke bank guna memperoleh beban bunga yang kecil. Bunga per tahun dapat dibayarkan oleh perusahaan setiap periodenya mengikuti kebijakan akuntansinya.

Apa keuntungan dari pembelian obligasi dan saham adalah adanya pendapatan pasif yang diberikan diakhir tahun. Pembelian saham akan memberikan dividen bagi pemegang saham ketika terbentuknya akun laba ditahan. Pembelian obligasi akan memberikan pendapatan bunga bagi pemilik dana pinjaman yang dibayarkan setiap periode sejalan dengan pengembalikan pokok pinjaman hutang.

Siapa yang bisa menerbitkan obligasi? yaitu perusahaan yang ingin memperoleh tambahan modal secara instan dengan persetujuan dari trustee. Risiko obligasi adalah ketidakmampuan entitas membayarkan pokok pinjaman beserta bunga ketika obligasi Jatuh tempo. Cara menentukan tanggal jatuh tempo obligasi adalah mempertimbangkan kemampuan pembayaran tagihan selama periode berjalan.

Contoh Soal Akuntansi Penerbitan Obligasi dan Pembahasannya

Contoh penerbitan obligasi akan terjadi ketika perusahaan menginginkan memperoleh tambahan modal untuk mendukung kinerjanya. Jika pelunasan utang obligasi dilakukan pada tanggal jatuh tempo maka nilai tercatatnya sebesar nilai nominal beserta bunga per tahun. Obligasi dapat diterbitkan perusahaan diatas nilai nominal disebut premi obligasi. Obligasi diterbitkan dibawah nilai nominal disebut diskonto obligasi.

Siapa yang dapat menerbitkan obligasi? yaitu trustee atau lembaga penjamin pinjaman. Perusahaan hanya mencatat transaksi obligasi melalui jurnal penerbitan obligasi dan pembelian kembali obligasi untuk diubah menjadi saham. Tingkat bunga pasar adalah nilai yang mau dibayarkan oleh investor untuk meminjamkan dana ke perusahaan selama masa pakai sesuai perjanjian obligasi yang ditetapkan.

Contoh soal dan jawaban akuntansi penerbitan obligasi terjadi pada CV Staff Finance yang mengalami kesulitan keuangan dan memutuskan membuat obligasi senilai Rp 89.500.000. Bunga per tahun yang disepakati adalah 8% dengan masa jatuh tempo selama 6 bulan. Bagaimana jurnal pencatatan penerbitan obligasi dan pembayaran bunga yang harus ditanggung ketika menggunakan pinjaman tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Umur Manfaat Aktiva Tetap

Contoh Jurnal Transaksi Penerbitan dan Pelunasan Hutang Obligasi

Jurnal transaksi penerbitan dan pelunasan hutang obligasi harus dicatat dalam pembukuan akuntansi perusahaan. Obligasi dijual diantara dua tanggal bunga akan terjadi ketika surat obligasi telah dikeluarkan tetapi belum terjadi penjualan surat hutang sehingga dana pinjaman jangka panjang belum terkumpul. Obligasi adalah tanda bukti terjadinya peminjaman dana tertentu oleh perusahaan.

Jurnal untuk mencatat transaksi penerbitan hutang obligasi harus diselenggarakan untuk memungkinkan entitas dapat mempertanggungjawabkan dana pinjaman. Akuntansi jangka panjang diperuntukkan agar liabilitas dapat dilunasi sebelum masa jatuh temponya. Keterlambatan pembayaran tagihan mengakibatkan tertundanya penerimaan barang dari supplier dan denda administratif.

Jurnal penerbitan dan pelunasan hutang obligasi dapat dibuat menyesuaikan kebijakan pembayaran hutang jangka panjang. Termin pembayaran adalah jangka waktu yang ditetapkan lawan transaksi untuk melunasi tagihan sebelum masa jatuh temponya. Adapun jurnal umum untuk mencatat transaksi berdasarkan contoh soal penerbitan obligasi jangka panjang adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/09/2021Kas Rp 89.500.000
Hutang Obligasi Rp 89.500.000
(jurnal penerimaan pinjaman jangka panjang)
28/02/2022Hutang obligasi Rp 89.500.000
Beban bunga Rp 3.580.000
Kas Rp 93.080.000
(jurnal pelunasan obligasi pada saat jatuh tempo)

Baca Juga: Cara Menentukan Harga Perolehan Aktiva Tetap Berwujud

Demikian contoh soal akuntansi penerbitan dan pelunasan hutang obligasi jangka panjang akuntansi keuangan menengah. Penyebab perusahaan lebih suka obligasi daripada menerbitkan saham baru adalah dapat menjaga kualitas modal yang telah disetorkan sesuai akta pendirian. Keuntungan obligasi akan menerapkan konsep time value of money atau nilai waktu dari sebuah uang rupiah.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Penerbitan Obligasi dan Jawabannya"