Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Wesel Bayar Berbunga dan Tanpa Bunga

Konten [Tampil]

Contoh soal wesel bayar berbunga dan tanpa bunga menjadi tambahan pendapatan kena pajak bagi organisasi laba atau perusahaan. Pengertian wesel adalah perjanjian tentang pelunasan tagihan yang ditetapkan oleh penerbit surat disertai pembayaran sejumlah beban bunga. Diskonto wesel tagih akan terjadi ketika perusahaan menjual aset sebelum masa jatuh tempo berakhir melalui perbankan.

Pencatatan wesel bayar dalam akuntansi keuangan mengikuti kebijakan liabilitas dan aktiva perusahaan sebagai pembiayaannya. Bedanya wesel tagih dan wesel bayar terletak pada kebijakan pembelian peralatan, mesin dan bangunan serta kendaraan operasional entitas. Alasan perusahaan menerbitkan wesel tagih adalah adanya suku bunga yang rendah dan tingkat penjualan kredit tinggi.

Contoh soal wesel tagih dan wesel bayar diperuntukkan bagi entitas yang menggunakan fasilitas kredit. Penjualan kredit adalah jualbeli dimana barang diserahkan sekarang tetapi pembayarannya dilaksanakan kemudian harinya. Tanggal penarikan wesel tidak boleh diakui sebagai masa yang dapat menambah jumlah beban bunga setiap periodenya. Akun wesel bayar termasuk liabilitas jangka panjang.

Contoh Soal Wesel Bayar Berbunga dan Tanpa Bunga

Pengertian Wesel Bunga dan Tanpa Bunga

Pengertian wesel bunga dan tanpa bunga akan menganut prinsip akuntansi yaitu time value of money. Nilai waktu dari uang bermanfaat untuk mengalokasikan inflasi yang terjadi sehingga harga bahan baku meningkat. Suku bunga per tahun ditentukan tingkat inflasi negara yang mengakibatkan daya konsumsi masyarakat menurun dikarenakan penghasilan tidak memenuhi kebutuhan.

Pengertian wesel menurut para ahli adalah perjanjian pembayaran dan pelunasan tagihan yang jatuh tempo menyesuaikan kebijakan termin pembayaran yang disepakati. 2/10, n/30 artinya perusahaan akan memperoleh diskon 2 persen ketika membayar dalam waktu 10 hari sejak tanggal faktur pajak dikeluarkan. Tanggal faktur pajak harus sama dengan tanggal invoice untuk kemudahan administrasinya.

Pengertian wesel tagih dan wesel bayar menurut para ahli adalah surat perintah bagi entitas untuk dilaksanakan pembayaran sesuai nilai nominal dan bunganya. Nilai nominal adalah nilai rupiah yang tercantum dalam surat hutang yang wajib dilunasi menyesuaikan termin pembayaran. Bunga wesel adalah imbal balik atas pinjaman sejumlah dana yang telah diberikan oleh lawan transaksi tersebut.

Contoh Soal Wesel Bayar dalam Akuntansi Keuangan

Contoh soal wesel bayar dalam akuntansi keuangan akan menunjukkan liabilitas jangka panjang yang harus segera dilunasi. Penyelesaian wesel dapat dilaksanakan menggunakan kas dan setara kas, pemberian aset tertentu, penggantian hutang lainnya bahkan perubahan hutang menjadi ekuitas perusahaan. Ekuitas adalah bentuk penyertaan modal pemegang saham untuk menjalankan operasionalnya.

Bagaimana cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan wesel bayar yaitu mempertimbangkan tingkat suku bunga pasar. Nilai wajar adalah harga yang mau dibayarkan oleh konsumen untuk melakukan pertukaran dengan aktiva perusahaan. Wesel dapat dijadikan jaminan kredit dengan melaksanakan diskonto piutang wesel menyesuaikan masa jatuh temponya.

Contoh soal dan jurnal pencatatan wesel bayar terjadi pada CV Staff Finance yang membeli kendaraan dan peralatannya senilai Rp 64.520.000. Kebijakan pembelian kredit disetujui oleh supplier dengan termin pembayaran selama 100 hari tetapi harus menerbitkan wesel bayar dengan bunga 8%. Berapakah yang harus dibayarkan perusahaan ketika diakhir periode pembayaran tagihan tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Pendiskontoan Wesel Tagih dan Pembahasannya

Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih dan Bayar

Cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan bayar dapat ditentukan berdasarkan perhitungan hari dan bulan. Bunga dalam wesel diperhitungkan setahun sehingga entitas harus membaginya berdasarkan jangka waktu yang ditetapkan. Apabila bunga wesel dihitung berdasarkan hari maka entitas dapat menggunakan pembagian hari sejumlah 365 hari dalam satu tahun fiskal.

Wesel bayar dalam akuntansi diakui sebagai kewajiban jangka panjang. Wesel tagih dalam akuntansi diakui sebagai piutang dagang. Pembuat wesel harus menandatangani kesepakatan penyerahan sejumlah aset beserta bunganya. Adakalanya piutang wesel tidak mampu dibayarkan oleh customer karena pelanggan mengalami kesulitan keuangan ketika membayarkan tagihan perusahaan.

Contoh Jurnal Penerbitan Wesel Bayar dan Pelunasan Wesel Tagih

Contoh jurnal penerbitan wesel bayar dan pelunasan wesel tagih diperlukan untuk membebankan bunga diskonto selama periode berjalan. Pendiskontoan wesel tagih adalah penjualan wesel sebelum masa jatuh tempo. Ketika perusahaan menjual wesel maka akan memperoleh nilai lebih kecil daripada yang seharusnya didapatkan karena berkurangnya pendapatan bunga wesel.

Contoh dan cara menghitung pendapatan bunga wesel tagih dan bayar dapat menggunakan prinsip time value of money. Besarnya bunga wesel didapatkan dari tingkat bunga pertahun dikalikan jumlah hari yang dilalui.

Adapun jurnal penerbitan wesel bayar dan pelunasan bunga diakhir periode adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
30/08/2021Hutang Dagang Rp 64.520.000
Wesel Bayar Rp 64.520.000
(Jurnal penerimaan pembayaran wesel)
08/12/2021Wesel bayar Rp 64.520.000
Beban Bunga Rp 1.414.137
Kas Rp 1.414.137
(Jurnal pelunasan wesel bayar)

Demikian contoh soal jurnal wesel tagih dan wesel bayar dalam akuntansi keuangan menengah. Perusahaan akan menerbitkan wesel ketika adanya indikasi kesulitan keuangan dalam rangka meminta perpajangan waktu pembayaran. Hutang jatuh tempo diakui sebagai liabilitas jangka pendek karena memiliki usia kurang dari satu periode akuntansi.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Wesel Bayar Berbunga dan Tanpa Bunga"