Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Reorder Point dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal reorder point dan jawabannya diberlakukan dalam materi manajemen persediaan barang dagang. Manfaat reorder bagi perusahaan adalah entitas mengetahui kapan batas waktu sebuah bahan baku dibeli kembali untuk mendukung aktivitas produksi. Terdapat biaya persediaan diantaranya biaya pemesanan barang dan biaya penyimpanan barang digudang perusahaan.

Contoh soal dan cara menghitung safety stock dan reorder point dipertimbangkan oleh kepala gudang berkaitan dengan keberlangsungan kegiatan produksi. Biaya persediaan harus dipertimbangkan oleh manajemen ketika memutuskan memiliki persediaan bahan baku dan barang jadi dengan tujuan diperdagangkan untuk memaksimalkan perolehan laba ditahan periode berjalan.

Bagaimana cara menentukan besarnya reorder point dan safety stock perlu mempertimbangkan kebijakan aliran barang dagang. Lasan perusahaan memiliki persediaan adalah mempercepat proses produksi ketika menerapkan sistem perhitungan biaya berdasarkan proses. Manajemen persediaan bermanfaat untuk memperkecil biaya penyimpanan dan biaya pemesanan bahan baku kegiatan produksi.

Contoh Soal Reorder Point dan Jawabannya

Alasan Pentingnya Persediaan Bagi Perusahaan

Alasan pentingnya persediaan bagi perusahaan dikarenakan adanya frekuensi pemesanan dan pemeliharaan barang di gudang perusahaan. Contoh soal reorder point menjadi pertimbangkan untuk memperkecil biaya yang harus dikeluarkan sehingga harga pokok produksi dapat diperkecil sesuai budget atau anggaran untuk mempertahankan stabilitas perusahaan dan arus barang ke pelanggan.

Alasan utama memanfaatkan manajemen perusahaan adalah tidak terhambatnya sirkulasi perputaran persediaan di entitas. Perusahaan yang memiliki persediaan berupa bahan baku, barang dalam proses dan barang jadi disebut perusahaan manufaktur. Perusahaan dapat menyimpan inventory produk yang berbeda agar meminimalisir waktu pengiriman barang dan menghindari kegagalan produksi.

Jelaskan pentingnya persediaan dalam perusahaan brainly harus mempertimbangkan berbagai jenis inventory yang dimilikinya. Alasan utama memanfaatkan manajemen persediaan adalah meminimalisir biaya pemesanan dan biaya penyimpanan produk. Adapun penyebab perusahaan memiliki persediaan bahan baku sebagai berikut:

  • Menyetarakan biaya pemesanan dan biaya penyimpanan
  • Memprioritaskan keinginan pelanggan
  • Terhindar dari kegagalan proses produksi
  • Diperolehnya potongan penjualan
  • Menghindari adanya kenaikan bahan baku

Baca Juga: Contoh Soal Agio dan Disagio Saham Biasa

Contoh Soal Safety Stock dan Reorder Point

Contoh soal reorder point dan safety stock diperlukan karena entitas harus mempertimbangkan biaya pemesanan dan biaya penyimpanan barang dagang. Biaya pemesanan adalah beban untuk menerima memesan dan menerima barang di gudang seperti biaya pengiriman, biaya bongkar muat dan biaya pemrosesan barang untuk persetujuan pembayaran oleh bagian keuangan.

Cara menghitung dan contoh soal reorder point menjadi aktivitas penting bagi perusahaan. Sebutkan alasan pentingnya persediaan bagi perusahaan adalah stabilitas kegiatan produksi dan meminimalkan biaya barang. Alasan utama memanfaatkan manajemen persediaan adalah menghilangkan biaya kehabisan persediaan seperti kehilangan potensi penjualan atas produk yang dipesana oleh pelanggan.

Pertanyaan tentang reorder point dalam manajemen keuangan terjadi pada CV Staff Finance yang memiliki tingkat penggunaan bahan baku rata-rata sebesar 250kg. Penggunaan maksimum persediaan yang tercatat adalah 278kg dengan waktu tunggu selama 5 hari. Bagaimana cara menghitung safety stock dan reorder point yang diperlukan untuk transaksi perusahaan tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal dan Jurnal Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Cara Menghitung Reorder Point dan Safety Stock

Cara menghitung safety stock diperlukan dalam manejemen persediaan guna memaksimalkan omzet ditahun berjalan. Contoh soal reorder point harus memprioritaskan keinginan pelanggan agar terhindar dari biaya kehabisan persediaan. Manfaat utama reorder point adalah entitas mengetahui waktu yang diperlukan untuk melaksanakan order barang sesuai permintaan dari bagian produksi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi reorder point adalah waktu tunggu, jumlah persediaan minimal dan jumlah pemesanan minimal dari supplier. Waktu tunggu atau lead time adalah jangka waktu pemesanan barang sampai terpenuhinya barang digudang. Persediaan minimal diperlukan agar dapat mengantisipasi fluktuasi jumlah pesanan dari pelanggan perusahaan.

Contoh soal manajemen keuangan terdiri dari economical order quantity dan safety stock. Perusahaan harus menghindari biaya pemesanan dan biaya pemeliharaan barang untuk mencegah timbulnya biaya yang tidak sesuai anggaran. Adapun cara menghitung safety stock berdasarkan contoh soal reorder point akan menghasilkan perhitungan sebagai berikut.

Persediaan Minimal= (278Kg-250Kg) * 5 Hari
140 Kg
Reorder Point= 250kg + (140kg * 5 Hari)
950 Kg

Demikian contoh soal reorder point, safety stock dan economical order quantity dalam manajemen persediaan. Penggunaan eoq dan persediaan minimal digudang akan mampu mengendalikan situasi darurat yang dapat meminimalisir waktu tunggu atau lead time. Reorder point cukup efektif bagi perusahaan manufaktur berskala besar baik menggunakan sistem just in time atau tradisional.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Reorder Point dan Jawabannya"