Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Soal Pertukaran Aset Tetap dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pertukaran aset tetap mungkin dilakukan perusahaan untuk mendatangkan laba rugi pelepasan aktiva kepada pihak ketiga. Aset yang mempunyai substansi komersial dan tidak komersial akan menimbulkan permasalahan dalam catatan atas laporan keuangan yang diterbitkan.

Contoh soal pertukaran aset tetap terjadi apabila perusahaan memperoleh kas dan setara kas dalam jumlah yang melebihi nilai buku untuk mendatangkan keuntungan. Nilai buku adalah selisih antara biaya perolehan dan akumulasi penyusutan yang telah digunakan ketika memakai mesin dan bangunan. Umur manfaat adalah jangka waktu dipakainya aset untuk jangka waktu tertentu selama periode yang disepakati akuntan publik.

Jurnal pelepasan aktiva tetap sejenis dan tidak sejenis akan melibatkan kepala produksi ketika memakai aset tertentu. Ciri-ciri aset tetap adalah entitas harus mengeluarkan biaya yang besar ketika mendatangkan aset yang diperkirakan memiliki umur manfaat panjang. Substansi komersial artinya terdapat tambahan ekonomis yang didapatkan dari menyimpan aset sampai beberapa periode mendatang.

5 Contoh Soal Pertukaran Aset Tetap dan Jawabannya

Pengertian dan Contoh Aktiva Tetap Sejenis

Pengertian aktiva tetap menurut para ahli adalah kekayaan yang dipergunakan untuk kegiatan produksi dan sewa menyewa aset selama periode tertentu. Karakteristik aset tetap adalah seluruh pengeluaran pembiayaan akan dibebankan selama beberapa periode yang disebut penyusutan. Metode depresiasi aset dapat dipilih menyesuaikan kebijakan akuntansi yang diterapkan di perusahaan manufaktur.

Contoh aktiva tetap sejenis adalah tanah, kendaraan, mesin produksi dan peralatan kantor. Metode penyusutan aset tetap terdiri dari metode garis lurus, metode saldo menurun berganda dan metode jam kerja mesin. Bagaimana pencatatan aset tetap yang didapat dari pembelian tunai dan pembelian kredit? cara menghitung biaya perolehan dan penyusutan setiap periodenya?

Pengertian aset tetap menurut para ahli adalah harta yang dipergunakan untuk kegiatan produksi dan tidak diperuntukkan untuk dijual kembali selama periode penggunaannya. Karakteristik utama yang membedakan aktiva sebagai aset tetap dan persediaan barang dagang adalah fungsi dan tujuan aset untuk dipergunakan oleh perusahaan sebagai alat produksi atau persediaan barang.

Baca Juga: Macam-Macam Metode Penyusutan Aktiva Tetap Menurut Pajak

Pertanyaan Tentang Pertukaran Aset Tetap dan Jawabannya

Apa itu Aktiva Tetap?

Aktiva tetap merupakan salah satu kekayaan perusahaan yang material dalam laporan keuangan. Materialitas adalah suatu tingkatan dimana kesalahan dalam penyampaian informasi akan mempengaruhi pengambilan keputusan oleh manajerial

Contoh Aktiva Tetap Berwujud dalam Laporan Posisi Keuangan?

Peralatan kantor, kendaraan, mesin produksi, bangunan, gedung dan kantor bahkan tanah

Apa itu Biaya Perolehan?

Biaya perolehan adalah pengeluaran perusahaan untuk memperoleh aset meliputi biaya pembelian, biaya pengiriman dan biaya mengatur agar aset siap dipergunakan.

Perbedaan nilai residu dan nilai buku?

Nilai residu adalah perkiraan harga jual oleh perusahaan ketika akhir periode. Nilai buku adalah selisih biaya perolehan dan biaya pemakaian aset sampai periode tertentu

Alasan perusahaan menukarkan atau menjual aset tetap sejenis dan tidak sejenis?

Perusahaan akan menjual sebuah aset ketika sudah tidak mendatangkan keuntungan bagi perusahaan dimasa depan. Kerugian akibat penggunaan aktiva harus dihindari agar laba bersih semakin meningkat

Contoh Soal Pertukaran Aset Tetap yang Memiliki Substansi Komersial

Contoh soal pertukaran aset tetap yang memiliki substansi komersial dan tidak komersial akan menimbulkan permasalah dalam pengakuan laba rugi pelepasan aktiva tetap. Biaya selama masa manfaat seperti biaya reparasi rutin dan penambahan kapasitas produksi harus dibebankan sebagai capital expenditure dan revenue expenditure mengikuti aturan perpajakan yang dipergunakan.

Laba pelepasan aktiva tetap akan terjadi ketika entitas memperoleh harga jual yang lebih tinggi daripada nilai buku yang tercatat. Ketika aset dilepas sebelum masa manfaatnya habis tentu menimbulkan permasalahan dalam pengakuan laba rugi. Sistem pengendalian aset diterapkan sebagai upaya pencegahan kehilangan, pembelian tanpa otorisasi dan meminimalisir pengeluaran kerusakan barang tertentu.

Contoh soal dan jawaban pertukaran aktiva tetap terjadi pada CV Staff Finance yang ingin memperoleh mobil seharga Rp 78.000.000 dan cek giro senilai Rp 26.000.000. Untuk memperoleh aset tersebut, CV Staff Finance harus menukarkan tanah yang dimilikinya dengan nilai buku seharga Rp 50.000.000. Buatlah jurnal untuk mencatat laba rugi pertukaran aset tetap sejenis dan tidak sejenis tersebut?

Baca Juga: Contoh Sistem Pengendalian Internal Aset Tetap dan Penerapannya

Contoh Jurnal Pertukaran Aset Tetap Sejenis dan Tidak Sejenis

Contoh jurnal pertukaran aset tetap sejenis dan tidak sejenis akan dilakukan ketika seseorang melaporkan keterjadian peristiwa pelepasan aset tertentu. Masalah dalam penentuan biaya perolehan akan terjadi ketika perusahaan membeli aset dengan wesel bunga, pembelian dalam satu paket dan perolehan dengan membangun sendiri. Ciri utama aktiva tetap adalah adanya penyusutan setiap periodenya.

Laba rugi pertukaran aktiva terjadi apabila entitas menerima kas yang lebih banyak daripada nilai tercatatnya. Kerugian pelepasan aset terjadi ketika perusahaan telah menghentian pemakaian aset sebelum masa manfaatnya berakhir. Penentuan masa manfaat dan umur ekonomis dipertimbangkan sesuai dengan pengalaman entitas ketika menggunakan aset dimasa lampau.

Ayat jurnal mencatat pelepasan dan penghentian pemakaian aset tetap harus diberikan memo sebagai pengingat terjadinya sebuah transaksi. Transaksi adalah segala aktivitas perusahaan yang memerlukan kas keluar dan menghasilkan kas masuk. Adapun jurnal pertukaran aset tetap yang harus di catat oleh CV Staff Finance yakni:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/03/2022Kas Rp 26.000.000
Mobil Rp 78.000.000
Tanah Rp 50.000.000
Laba Pertukaran Aset Rp 54.000.000

Demikian contoh soal pertukaran aset tetap yang memiliki substansi komersial dan tidak komersial yang menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Seluruh kewajiban perusahaan dalam melaporkan seluruh kekayaan dalam perpajakan harus dipatuhi terutama ketika melaporkan penghasilan kena pajak dan biaya fiskal selama satu periode akuntansi.

Posting Komentar untuk "5 Contoh Soal Pertukaran Aset Tetap dan Jawabannya"