Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Pembagian Laba Metode Perbandingan Modal Awal

Konten [Tampil]

Contoh soal pembagian laba metode perbandingan modal awal diperuntukkan bagi persekutuan yang hendak membagikan keuntungan laba ditahan yang didapatkannya. Keuntungan dari koperasi, firma dan cv tidak terutang pajak penghasilan. Tarif pph pasal 4 ayat 2 atas dividen sebesar 10% dari nilai penghasilan yang diterima oleh wajib pajak orang pribadi dan dilaporkan pada spt tahunan badan.

Bagaimana metode pembagian atau pengalokasian laba rugi sekutu ditentukan berdasarkan tingkat partisipasi dari sekutu aktif dan sekutu pasif. Isi perjanjian persekutuan terdiri dari prosedur keluarnya anggota sekutu lama dan masuknya anggota sekutu baru. Nama bisnis dan modal disetorkan harus tercantum pada akta pendirian terutama yang berkaitan dengan kewajiban jangka pendeknya.

Laporan keuangan yang digunakan dalam persekutuan terdiri dari neraca saldo, laporan arus kas, catatan atas laporan posisi keuangan dan perubahan modal. Kerangka penyusunan dan pelaporan keuangan firma didasari pada kebijakan akuntansi keuangan lanjutan. Goodwill atau nilai lebih sekutu diakui sebagai setoran modal awal bagi sekutu yang tidak menyerahkan kas dan setara kas.

Contoh Soal Pembagian Laba Metode Perbandingan Modal Awal

Metode Pembagian Laba Rugi Firma

Metode pembagian laba rugi firma akuntansi keuangan lanjutan dipergunakan sebagai mekanisme pertanggungjawaban dana setoran para sekutu. Sekutu aktif akan menerima hasil yang lebih tinggi daripada sekutu pasif. Mutual agency adalah segala aktivitas yang dilakukan sekutu atas nama bisnis dianggap mewakili keseluruhan sekutu terutama dalam perjanjian jual beli barang dagang.

Contoh soal pembagian laba metode perbandingan modal awal, modal rata-rata dan modal akhir akan berdampak pada keuntungan yang diterima para sekutu. Akuntansi pendirian persekutuan dapat diawali dengan menerima setoran modal dari sekutu berupa kas dan setara kas. Sekutu dapat menyetorkan aktiva non kas seperti tanah, kendaraan, persediaan barang dan goodwill selama pembukuan awal.

Cara membagi rugi persekutuan boleh berbeda dengan cara membagi laba tentu diperbolehkan ketika seluruh persentase pembagian dicantumkan pada akta pendirian. Akuntansi pendirian firma diperkenankan untuk menggunakan buku baru dan melanjutkan buku lama ketika sekutu telah memiliki nilai lebih. Goodwill dalam persekutuan dapat berbentuk ketenaran nama, alokasi keuntungan dan kemampuan penjualan barang.

Contoh Soal Pembagian Laba Metode Perbandingan Modal Awal

Contoh soal pembagian laba metode perbandingan modal awal mengakibatkan para sekutu memberikan setoran yang lebih besar ketika menjalankan kegiatan operasionalnya. Cara membagi rugi dapat berbeda dengan cara membagi laba dan harus dicantumkan pada akta pendirian. Sekutu dapat membeli hak sekutu lain selama firma masih menjalankan kegiatan usahanya untuk menghasilkan keuntungan.

Contoh soal dan jawaban pembagian laba rugi firma persekutuan akan terjadi ketika rapat umum pemegang saham menentukan tanggal pembagian laba ditahan. Laba ditahan persekutuan tidak diakui sebagai objek pajak sehingga pihak perusahaan tidak akan melakukan pemotongan karena dianggap sebagai harta pribadi. Gaji anggota sekutu dapat menjadi beban operasional karena dapat menghasilkan laba.

Contoh soal pembagian laba metode perbandingan modal awal terjadi pada Firma Staff Finance yang mendapatkan laba ditahan sebesar Rp 895.620.000. Setoran modal awal rangga, ainun, salsabila sebesar Rp 84.000.000, Rp 123.500.000 dan Rp 542.000.000. Berapakah laba yang akan dibagikan ke masing-masing sekutu ketika setelah menjalankan kegiatan operasional perusahaan?

Baca Juga: Pembagian Laba Rugi Firma Berdasarkan Rasio Perbandingan Tertentu

Jurnal Pembagian Rugi Laba Firma

Jurnal pembagian rugi laba firma akan dialokasikan mengikuti tanggal penyerahan kas dan setara kas di perusahaan. Kelemahan dalam menggunakan rasio modal awal dalam pembagian laba adalah keuntungan yang didapatkan bergantung pada setoran modal ketika entitas didirikan. Sekutu yang menyetorkan modal sedikit akan memperoleh bagi hasil sedikit walaupun dianggap sebagai sekutu pasif.

Contoh soal pembagian laba metode perbandingan modal awal harus diterangkan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Laporan keuangan firma sederhana harus meliputi laporan laba rugi dan neraca saldo. Aktivitas arus kas masuk dan arus kas keluar harus didasari pada aktivitas operasional, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan untuk kegiatan perusahaan di masa mendatang.

Jurnal pembagian rugi laba firma akan menambah modal sekutu dalam mutasi modal. Mutasi modal adalah rekening yang digunakan untuk mencatat seluruh penambahan dan pengeluaran modal selama menjalankan aktivitas operasionalnya. Maka, contoh soal pembagian laba metode perbandingan modal awal harus memperhitungkan total kas yang diterima masing-masing sekutu yakni

Nama Sekutu Jumlah Modal Awal Persentase Pemilikan Modal Laba Ditahan Laba yang didapatkan
Rangga Rp 84.000.000 11,21% Rp 895.620.000 Rp 100.376.358
Ainun Rp 123.500.000 16,48% Rp 895.620.000 Rp 147.577.145
Salsabila Rp 542.000.000 72,31% Rp 895.620.000 Rp 647.666.498

Baca Juga: Contoh Soal Agio dan Disagio Saham Biasa dan Saham Preferen

Demikian contoh soal pembagian laba metode perbandingan modal awal dalam akuntansi keuangan lanjutan. Akuntansi pendirian persekutuan diperkenankan menggunakan buku lama atau membuat buku baru. Tujuan pendirian firma adalah memperoleh keuntungan sehingga ketika firma mengalami kerugian maka akan banyak sekutu yang keluar dari bisnis tersebut.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pembagian Laba Metode Perbandingan Modal Awal"