Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Penghentian Aset Tetap dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal penghentian aset tetap menjadi materi akuntansi keuangan menengah yang diperuntukan bagi akuntan ketika menilai aktiva tetap. Pengertian aset tetap menurut para ahli adalah seluruh aset yang dipergunakan operasional agar kegiatan produksi dapat menghasilkan pendapatan kena pajak. Contoh soal Penghentian aset tetap dilaksanakan menurut peraturan perpajakan yang berlaku.

Penghentian aktiva tetap dan pencatatan akuntansi keuangan harus dilaksanakan agar tidak ketinggalan aktivitas perusahaan. Transaksi adalah seluruh kegiatan yang memerlukan kas keluar dan kas masuk sebagai informasi laporan arus kas. Suatu aset tetap diperoleh perusahaan melalui pertukaran dengan aset sejenis seperti kas, setara kas, piutang, pertukaran modal dan liabilitasnya.

Contoh soal dan jurnal pelepasan aktiva tetap dapat dijalankan ketika memperoleh informasi perusahaan tidak dapat lagi digunakan di masa mendatang. Biaya perolehan merupakan penjumlahan dari biaya pembelian, biaya pengiriman barang dan biaya setting agar aset siap dipergunakan. Seluruh biaya perolehan akan dialokasikan selama usia manfaat yang ditetapkan menurut kebijakan akuntansi perusahaan.

Contoh Soal Penghentian Aset Tetap dan Jawabannya

Cara Menghentikan Pemakaian Aset Tetap

Bagaimana cara menghentikan pemakaian aset tetap dapat dilakukan dengan menukarnya dengan aset lain, mengakhiri masa manfaat penggunaannya dan dijadikan hibah. Karakteristik utama aktiva tetap adalah memiliki umur ekonomis lebih dari satu periode setelah tanggal pembelian kekayaan. Selain itu, aset tetap mempunyai biaya perolehan yang material ketika transaksi jualbeli dilaksanakan.

Akuntansi pelepasan aktiva tetap dijalankan sebagai upaya entitas menghentikan kerugian dan mendatangkan keuntungan ketika menjalankan operasionalnya. Tata cara penghapusan aset tidak berwujud dilaksanakan menyesuaian pernyataan standar akuntansi keuangan yang berlaku. Kapan aset tetap dihentikan ketika entitas mau melaksanakan kewajiban pembayaran pajak penghasilan setiap periode.

Cara yang dapat digunakan untuk menghentikan pemakaian aktiva tetap adalah dipertukarkan dengan aset sejenis dan tidak sejenis. Biaya perolehan adalah pengeluaran perusahaan ketika mau memiliki properti untuk kegiatan operasional yang terdiri dari biaya pembelian, biaya pemeliharaan aset. Tujuan pelepasan aset tetap adalah mengurangi kerugian perusahaan ketika kegiatan operasional berlangsung.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Penyusutan dan Akumulasi Depresiasi

Contoh Soal dan Jawaban Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap

Contoh soal dan jawaban penghentian pemakaian aktiva tetap harus menyesuaian dengan kebijakan capital expenditure dan revenue expenditure. Pengertian capital expenditure adalah pengeluaran perusahaan untuk melaksanakan perbaikan aset yang bertujuan agar terjadi penambahan kapasitas produksi setiap periodenya. Biaya pemeliharaan dan penyimpanan aset dilaporkan melalui catatan atas laporan posisi keuangan.

Penutupan aktiva tetap dikarenakan adanya kerusakan yang terjadi ketika entitas mempersiapkan pesanan. Selama masa manfaat atau pakai aset akan mengalami kerusakan dan keausan barang sehingga harus diadakannya perbaikan dan reparasi rutin. Prinsip materialitas dipergunakan untuk menentukan biaya yang diakui sebagai capital expenditure dan revenue expenditure.

Contoh soal penghentian aset tetap terjadi pada CV Staff Finance yang melaporkan terjadi pembelian kendaraan seharga Rp 16.500.000 dan telah digunakan selama 3 tahun. Metode penyusutan yang digunakan adalah metode garis lurus tanpa nilai residu. Buatlah jurnal pelepasan aset tetap selama periode berjalan ketika aset tidak dapat dipergunakan di akhir tahun kedua laporan keuangan?

Baca Juga: Contoh Kasus Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak

Jurnal Penghentian Pemakaian Aset Tetap

Jurnal penghentian pemakaian aset tetap perlu dipertimbangkan sebelum mengakhiri penggunaannya. Bukti pelepasan aset terdiri dari pernyataan dari direktur perusahaan untuk tidak lagi menggunakan aset dalam kegiatan operasional. Ayat jurnal penyesuaian yang dibuat harus membalikkan nilai akumulasi penyusutan yang telah berhasil dikumpulkan perusahaan selama masa manfaatnya.

Perlakuan akuntansi untuk aset tetap yang telah habis masa manfaatnya dapat dibuang atau dijualbelikan untuk mendatangkan keuntungan. Prosedur penghapusan aktiva tetap dimulai dari rapat umum pemegang saham dan perjanjian penggunaan aset selama periode tertentu. Aset tetap dihentikan ketika tidak mampu lagi menghasilkan pendapatan tetapi mengeluarkan biaya yang material.

Jurnal pelepasan aset tetap harus dapat mengurangkan nilai tercatat aktiva dan akumulasi penyusutan. Cara depresiasi dapat ditentukan perusahaan sesuai kebijakan alokasi biaya perolehan, Metode penyusutan aktiva tetap terdiri dari:

  • Straight Line Method
  • Double Declining Method
  • Production Unit Method
  • Accumulation year method

Adapun ayat jurnal penghapusan aset tetap dengan cara debit akumulasi penyusutan dan kredit aktiva yang ingin dihendikan. Berdasarkan contoh soal dan jawaban penghentian pemakaian aset tetap dapat dibuatkan jurnal sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/01/2021Kendaraan Rp 16.500.000
Kas Rp 16.500.000
(jurnal pembelian aset tetap)
31/12/2022Akumulasi Penyusutan Kendaraan Rp 6.187.500
Kerugian Penghentian Aset Tetap Rp 10.312.500
Kendaraan Rp 16.500.000
(Jurnal menghentikan pemakaian aset tetap)

Baca Juga: Contoh Soal Laba Rugi Pertukaran Aset Tetap dan Jawabannya

Demikian contoh soal dan jawaban penghentian aset tetap akuntansi keuangan menengah. Agar entitas dapat mempertanggungjawabkan pengeluaran capital expenditure dan revenue expenditure harus disertai bukti transaksi. Bukti persetujuan pelepasan aset harus diotorisasi oleh pimpinan perusahaan sebagai penanggungjawabnya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Penghentian Aset Tetap dan Jawabannya"