Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Wesel Bayar dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal wesel bayar dan jawabannya berupa tagihan perusahaan yang mengeluarkan bunga dan tanpa bunga ketika dilaksanakan pembayarannya. Penentuan tanggal jatuh tempo wesel memerlukan bantuan dari pihak appraiser atau penilai aktiva tetap. Revaluasi akan terjadi ketika adanya indikasi penurunan nilai atau perubahan harga wajar yang tidak sesuai metode penyusutannya.

Komponen utama wesel bayar dan wesel tagih adalah pihak yang menerbitkan dan membayarkan tagihan ketika jatuh tempo. Wesel tagih merupakan salah satu piutang lancar dimana entitas dapat memperoleh kas sebagai pelunasannya. Piutang dagang merupakan aset likuid yang berasal dari kebijakan penjualan kredit yang diterapkan untuk meningkatkan omzet perusahaan selama tahun fiskal.

Karakteristik wesel tagih dan wesel bayar dikenal dengan istilah perjanjian pelunasan utang piutang masa lampau. Janji untuk membayarkan sejumlah tagihan selama waktu yang disepakati penerbit dapat disesuaikan dengan kualitas kredit pelanggan. Perhitungan bunga wesel didasarkan pada hari, bulan dan tahun yang dihitung sejak tanggal penarikan wesel dari perbankan.

Contoh Soal Wesel Bayar dan Jawabannya

Perbedaan Wesel Bayar dan Wesel Tagih

Perbedaan wesel bayar dan wesel tagih harus dimengerti agar dalam catatan atas laporan posisi keuangan dilaporkan sejumlah nilai rupiah yang tercantum pada perjanjian. Contoh soal wesel tagih dan bayar akan menjadikan perusahaan memperoleh penghasilan lain-lain seperti pendapatan bunga yang terutang pajak penghasilan ketika melaporkan spt tahunan orang pribadi dan badan.

Pengertian wesel bayar adalah surat janji untuk membayarkan sejumlah hutang pada waktu yang ditentukan oleh perusahaan sejak tanggal penerimaan barang. Wesel bayar diakui sebagai liabilitas jangka panjang ketika memiliki masa pengembalian lebih dari satu periode akuntansi. Tahun fiskal adalah satu tahun pelaporan surat pemberitahuan pajak tahunan perusahaan sebagai wajib pajak badan.

Perbedaan wesel tagih dan wesel bayar terletak pada pihak yang menerbitkan surat janji untuk pembayaran tagihan tersebut. Wesel tagih diakui sebagai piutang karena entitas akan menerima sejumlah pembayaran dari penjualan kredit yang pernah dilaksanakan. Termin pembayaran adalah jangka waktu penerimaan kas dan setara kas setelah tanggal faktur pajak keluaran diterbitkan oleh penjual.

Contoh Soal Wesel Bayar Tanpa Bunga

Contoh wesel bayar berbunga dan tanpa bunga akan dikeluarkan perusahaan dengan mempertimbangkan konsep time value of money. Pemberian pendapatan bunga dan biaya bunga harus menjadi pertimbangan ketika ingin melunasi tagihan diakhir periode. Sistem pengendalian internal penjualan akan menilai kualitas kredit dari pelanggan untuk memastikan ketepatan waktu pelunasantagihan tersebut.

Bagaimana cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan wesel bayar harus dilihat pada surat perjanjian pelunasan tagihan. Keterlambatan pembayaran oleh pelanggan menandakan adanya kesulitan keuangan yang menjadi bagian dari pelaksanaan penilaian kualitas kredit. Manajer kredit akan memberikan otorisasi diperbolehkannya seorang pelanggan untuk menggunakan fasilitas pembayaran tempo.

Contoh soal wesel bayar berbunga terjadi pada CV Staff Finance yang menerbitkan wesel bayar dengan nilai Rp 84.682.000 untuk membayarkan kendaraan dengan bunga per tahun sebesar 8%. Apabila masa jatuh tempo wesel terjadi selama 90 hari, bagaimana jurnal pelunasan dan penarikan wesel tagih dan bayar oleh perusahaan penerbit surat hutang tersebut?

Baca Juga: Cara Menentukan Harga Perolehan Aktiva Tetep Berwujud

Jurnal Wesel Tagih dan Wesel Bayar

Jurnal wesel tagih dan wesel bayar diperlukan untuk mencatat pengeluaran dan pendapatan perusahaan sebagai akibat transaksi jualbeli barang dagang. Setiap barang dagang yang mampu diperjualbelikan oleh pengusaha kena pajak akan dikenakan pajak pertambahan nilai yang harus disetorkan ke kas negara maksimal akhir bulan selanjutnya.

Wesel bayar debit atau kredit bergantung pada kebijakan pembayaran tagihan yang dilakukan perusahaan. Pendiskontoan wesel tagih adalah proses memperjualbelikan surat hutang kepada pihak perbankan untuk segera menerima pelunasan tagihan. Membeli peralatan dengan wesel bayar diperkenankan ketika entitas mampu mengembalikan hak dan kewajiban jangka pendek kepada supplier.

Contoh soal wesel bayar dan wesel tagih berbunga dan tanpa bunga harus memperhitungkan pendapatan bunga yang didapatkan oleh lawan transaksi. Pemotongan pajak penghasilan harus dilandasi dengan ketentuan umum perpajakan yang berlaku. Maka, jurnal penarikan dan jurnal pelunasan wesel bayar sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/12/2021Account Payable Rp 84.682.000
Noted Payable Rp 84.682.000
(Jurnal penerbitan wesel bayar)
09/03/2022Noted Payable Rp 84.682.000
Interest Expance Rp 1.670.439
Cash Rp 86.352.439
(Jurnal pelunasan wesel bayar)

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Umur Manfaat Aktiva Tetap

Demikian contoh soal wesel bayar dan pembahasannya dalam materi akuntansi keuangan menengah. Seluruh aktivitas hutang piutang dengan pihak ketiga harus dilunasi sebelum entitas memutuskan melikuidasi aktiva tetap. Perbedaan pencatatan wesel tagih dan wesel bayar harus menjadi landasan ketika menentukan apakah diakui sebagai aktiva atau liabilitas kepada pihak ketiga perusahaan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Wesel Bayar dan Jawabannya"