Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Perubahan Umur Manfaat Aktiva Tetap

Konten [Tampil]

Contoh soal perubahan umur manfaat aktiva tetap menjadi pertimbangan akuntan perusahaan ketika melaksanakan asersi manajemen. Pengertian asersi manajemen adalah pertimbangan manajemen mengenai peristiwa dalam perusahaan yang mengakibatkan arus kas masuk dan arus kas keluar. Alasan perusahaan melakukan penyusutan adalah mengalokasikan arus kas keluar selama masa pakai aktiva tetap.

Cara menghitung biaya perolehan, akumulasi penyusutan dan menentukan masa manfaat aktiva tetap harus mengikuti kebijakan akuntansi yang diterapkan. Proses menentukan umur manfaat aset tetap akan berpengaruh terhadap biaya fiskal yang dibebankan perusahaan setiap periodenya. Biaya fiskal adalah pengeluaran yang diperkenankan sebagai pengurang pendapatan kena pajak.

Masa manfaat aset tetap menurut pajak dapat disesuaikan dengan kategori aktiva tetap. Biaya fiskal atas penyusutan aktiva tetap hanya dapat dilakukan secara proporsial sehingga biaya perolehan tidak diperkenankan untuk menguranginya sekaligus. Aktiva tetap dapat diberhentikan ketika tidak menguntungkan bagi perusahaan walaupun belum berakhir masa pakainya sampai periodenya.

Contoh Soal Perubahan Umur Manfaat Aktiva Tetap

Pengertian dan Cara Menentukan Umur Manfaat Aktiva Tetap

Pengertian umur manfaat aktiva tetap adalah jangka waktu yang diperkenankan perusahaan untuk menggunakan sebuah aset sampai terjadinya kerusakan atau keausan. Mengapa perusahaan perlu menghitung depresiasi dan amortisasi aset tetap berwujud dan aset tak berwujud? sebab entitas harus mempertanggungjawabkan dana yang telah dikeluarkan untuk mempersiapkan mesin dan kendaraan produksi.

Cara menentukan umur manfaat aset tetap dihitung berdasarkan pengalaman perusahaan dimasa lalu ketika melaporkan kekayaan ke kantor pajak. Jenis aset apa yang tidak dapat disusutkan yaitu aktiva yang memiliki substansi komersial dimasa mendatang seperti tanah. Tanah hanya dapat disusutkan ketika diambil manfaatnya seccara fisik seperti diambil tanah untuk di perjualbelikan kepada pihak ketiga.

Cara menentukan usia ekonomis aktiva tetap dipertimbangkan dari informasi diakui sebagai persediaan barang dagang atau harta untuk melaksanakan kegiatan produksi. Karakteristik utama aset adalah salah satu harta perusahaan yang memiliki nilai material tetapi tidak diperuntukkan sebagai persediaan untuk diperjualbelikan. Aktiva tetap bertujuan membantu kegiatan produksi berjalan optimal setiap periodenya.

Baca Juga: Perbedaan Capital Expenditure dan Revenue Expenditure

Contoh Soal Perubahan Taksiran Umur Manfaat Aktiva Tetap dan Jawabannya

Contoh soal perubahan taksiran umur manfaat aktiva tetap akan dijalankan mengikuti asersi manajemen yang digunakan. Metode penyusutan menjadi upaya entitas mengalokasikan biaya perolehan agar dapat dijadikan biaya fiskal. Aktiva dan kewajiban pajak tangguhan akan terjadi ketika perusahaan tidak mengikuti aturan perpajakan ketika menentukan usia ekonomis penggunaan aset.

Penyebab terjadinya penambahan masa pakai aset tetap adalah perusahaan mengubah bentuk mesin, bangunan dan kendaraan sedemikian rupa yang dapat menambahkan masa penggunaan sampai periode mendatang. Mengapa aktiva tetap memerlukan reparasi dan pemeliharaan karena dapat mengoptimalkan kinerja mesin dan kendaraan untuk menghasilkan pendapatan bagi perusahaan.

Contoh soal dan jawaban perubahan taksiran usia ekonomis aset tetap terjadi pada CV Staff Finance yang telah membeli kendaraan pesawat seharga Rp 152.000.000. Masa manfaat pesawat ditentukan selama 8 tahun. CV Staff Finance melakukan pembiayaan pemeliharaan yang dapat menambah masa manfaat selama satu tahun ketika penyusutan telah terjadi selama 2 tahun.

Bagaimana jurnal biaya penyusutan metode garis lurus dan perhitungan akumulasi penyusutan yang dilaporkan CV Staff Finance Periode Tersebut?

Contoh Perhitungan Beban Penyusutan Metode Garis Lurus

Contoh perhitungan beban penyusutan metode garis lurus diperuntukkan bagi perusahaan yang menggunakan aktiva tetap untuk kegiatan produksi. Macam-macam jenis perusahaan diantaranya perusahaan dagang, perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur. Kewajiban perusahaan setelah transaksi terjadi adalah memberikan laporan arus kas dan laba rugi komprehensif setiap periodenya.

Biaya penyusutan adalah harga yang harus dibayarkan perusahaan dari penggunaan aset tetap untuk memperoleh penghasilan kena pajak. Pelepasan aktiva tetap akan terjadi ketika perusahaan tidak memperoleh manfaat dari penggunaan mesin dan kendaraan. Seluruh pengeluaran selama masa pakai aset diperhitungkan sebagai capital expenditure dan revenue expenditure di catatan atas laporan posisi keuangan.

Contoh soal perubahan umur manfaat aktiva tetap harus mempertimbangkan nilai materialitas yang ditimbulkan. Maka, perhitungan biaya penyusutan setelah terjadi penambahan usia manfaat sebagai berikut:

Biaya Perolehan Rp 152.000.000
Umur Manfaat Awal8
Biaya Depresiasi Per Periode Rp 19.000.000
Nilai Buku akhir tahun ke dua Rp 114.000.000
Taksiran usia manfaat baru7
Biaya Depresiasi setelah perubahan umur manfaat Rp 16.285.714

Baca Juga: Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Perpajakan

Demikian contoh soal perubahan taksiran umur manfaat penggunaan aktiva tetap dalam laporan posisi keuangan. Sistem pengendalian internal aktiva berguna untuk mencegah terjadinya kehilangan aset dan kerusakan dari oknum yang merugikan perusahaan. Entitas berhak menolak melakukan pemeriksaan persediaan barang dagang dan aset yang dimilikinya untuk kepentingan pihak ketiga.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Perubahan Umur Manfaat Aktiva Tetap"